Ayam Kuah Brambang Salam Buat yang Lagi Flue

Jadi, ceritanya bapaknya Kani datang dalam keadaan sentrap-sentrup alias pilek. Wahhh. Jadi inget dulu pas flue di Melbourne pernah dibilangin dokter supaya sering-sering aja makan sop ayam. Jadi deh otak atik bikin Ayam Kuah Brambang-Salam favorite si bapak. Oya, resep ini bisa juga diaplikasikan buat MPASI anak 12bulan ke atas lho.
image

Bahan:
1/2 ekor ayam
500cc air
4 siung bawang merah (so-called “brambang”)
2 siung bawang putih
3 lembar daun salam
Garam secukupnya

Cara memasak:
1. Kalo menggunakan ayam broiler, rebus dulu ayam sampai mendidih, setelah itu buang air kaldunya. Kalo menggunakan ayam kampung, tidak perlu melakukan langkah ini.
2. Rebus lagi ayam dengan 500cc air sampai mendidih menjadi kaldu ayam. Kecilkan
Api3. Uleg brambang+bawang putih. Masukkan ke kaldu ayam.
4. Masukkan daun salam dan garam ke kaldu ayam. Kalo mau ditambah sayur-sayuran, boleh.
5. Tunggu matang. Jadi deh…

Advertisements

MPASI Rumahan 1tahun/ 12bulan ke atas

1. Omelette Salmon

image

Bahan:
1 telor ayam kampung. Kocok
5cm ikan salmon
10cm loncang/daun bawang. Iris tipis
1 siung bawang putih. Cincang
1/2 siung bawang bombay. Cincang
Mentega
2sdm oats
Air 1 cangkir

Cara masak:
1. Rebus air sampe setengah mendidih
2. Masukkan salmon yang sudah dilumuri jeruk nipis selama 15menit dan dicincang.
3. Masukkan oats. Rebus dan aduk hingga oats lembut.
4. Masukkan bawang bombay, bawang putih, dan daun bawang. Setelah matang, matikan kompor.
5. Campurkan adonan diatas dengan telur. Aduk hingga merata.
6. Goreng adonan omelette tersebut dengan mentega.