Kani Main ke Telaga Sarangan

Lebaran 1438 H ini, Kani melipirrrrr ke Telaga Sarangan, yang terletak di kaki Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Ini tuh idenya si Uti. Orang mah malam takbiran pikirannya besok muter silaturrahim kemana…eh Uti malah ngajakin besok plesir ke Sarangan😁 Kita sih…seneng-seneng aja😁

Perjalanan dari Jogja dimulai jam setengah10 pagi, setelah pada sholat ied lanjut silaturrahim ke tetangga dan saudara. Setelah bapak Kani main PS juga😅 Alhamdulillah kondisi jalan mayoritas ramai lancar. Lengang di beberapa titik, dan cenderung hanya macet di beberapa lampu merah. Sampai di gerbang masuk Tawangmangu jam12. Wuuuu. Magic! Cuma 2,5 jam sampe Tawangmangu padahal mampir-mampir selama perjalanan.

Di Cemoro Sewu, kami mampir warung Sate Kelinci. Yaaa Allah…dingin sangat di Cemoro Sewu. 17 derajat celcius. Tambah dramatis dengan adanya kabut tebal. Hhh…bikin selera makan jadi menggebu aja (alesan). Di sana ibu, bapak, dan uti pesan Sate Kelinci pake lontong. Sementara Kani, pesannn: Indomie goreng telur dan pisang bakar. MasyaaAllah anak gw lahap banget makannya. Setiap dia lihat ibu atau bapaknya mau cuil-cuil makan menu-nya dia, Kani langsung heboh sendiri “Jangan dimaakaaaaaaan!”. Luar biasa.

Setelah kenyang, kami lanjut perjalanan ke Telaga Sarangan. Ngapain? Naik speed boat. Yeeeeeiii😄 Ibu emang ndeso banget. Belum pernah naik speedboat. Jadi, jalan dari parkiran semangat banget dah menuju dermaga. Saking semangatnya, sampe nggak ngerti kalo ternyata Bapak sudah nawar harganya dari 60ribu jadi 50ribu, dan tukang speedboatnya sudah ACC. Ehhhh Ibu malah bayar harganya tetap full 60ribu🤔 Ampun dahhhh…

Tentang pengalaman ber-speedboat…ya seru lah! Kalo Ibu sih, daripada perut pegel gegara berkuda keliling pinggir telaga, mendingan duduk santai ber-speedboat. Berkuda kan cuma bisa 1 orang dewasa atau 2 orang anak-anak tuh. Nah kalo speedboat kan bisa rame-rame. Ni kayaknya 4 orang penumpang dewasa+1 pengemudi cukup ni. Oh iya…kalo pingin mengemudi sendiri juga boleh lho… Tapi ya…tanggung resiko. wkwkwk. Secara mayoritas orang-orang di sini main speedboatnya cenderung hard core biar lebih seru. Ngebut dan naik turun tinggi begitu kayak Kora-Kora di Ancol. Anak muda mah seneng ya. Tapi kalo ibu…aduhhhh…ibu mah give up kalo begitu. Anak masih kecil, suami masih ganteng, gaji masih segini-segini aja ya ciiin. Kalo sampe nyemplung Sarangan gegara speedboatnya main gaya hardcore, sungguh rugi bandarrr. 😅 Jadi ya…kita mah main speedboatnya kecepatan standar aja lah.

Setelah main speedboat, kami jalan-jalan santai mengelilingi pinggir telaga. Di sekitar jalan banyak orang berjualan. Mulai dari baju dan souvenir bertuliskan Telaga Sarangan, makanan yang enak disantap hangat-hangat seperti jagung bakar dan bakso, buah-buahan dan sayuran, sampai accessoris barongsay. Meskipun baru aja selesai makan di Cemoro Sewu, suasana di Sarangan bikin kami ga kenyang-kenyang. Ibu pesan satu jagung bakar guedeee seharga Rp 7.500 (make sense lah harganya) dan bapak pesan satu porsi bakso seharga Rp 20.000 (nah ini…mark up banget dah harganya. di Jogja mah 20.000 udah dapet bakso Telkom yang uenak lembut dagingnya berasssa). Dan kami menghabiskannya dalam sekejap, sodara-sodara… heudeuh… kedinginan jadi laperan😅 Kalo uti? Seperti biasa…Uti mah kalapnya lihat baju😁. Mau beliin baju cucu-cucunya. Kaos katun combed bertuliskan Telaga Sarangan gitu. 40ribu/kaos. Ibu pun ketularan kalap…jadinya ikut-ikutan beli dress tye dye gitu. harga asli 65.000 ditawar 35.000 ga mau, akhirnya mentok 40.000. Bolehlah..

Sebelum pulang, kami mampir sebentar di sebuh sudut playground sederhana di balik kios oleh-oleh. Arahnya sih timurnya Telaga Sarangan, di jalan menuju parkiran. Di sana ada mainan mobil-mobilan dan motor-motoran anak yang bisa dikendarai gitu. Ada juga perosotan dan ayunan. Lumayan lah untuk hiburan sederhana anak-anak. Tapi kalo lihat yang pada main mobil dan motor, kayaknya pada seusia siswa sekolah dasar deh. Ya wajar sih. Gede begitu mobil-mobilannya. Jadi kalo balita kayak Kani….mendingan main yang lain, kayak ayunan dan puter-puteran.

Akhirnya sampailah di saat kami sepertinya harus pulang. Waktu itu sekitar pukul 15.30. Takut kemalaman dan kena macet ke Jogja-nya. Dan ternyata bener😅 perjalanan ke Jogja-nya 5 jam bo… Padat merayap di sekitar Solo dan Prambanan. Gapapa. Mengingat bahwa tadi pagi berangkatnya bisa sangat lancar dan tadi siang sudah happy banget di Sarangan, diikhlaskan aja lah ya macet-macet dikit. Besok-besok kalo ada kesempatan, kita ulang lagi main-main ke sana 😊

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s